Jepang diprediksi akan ada tsunami raksasa

Tsunami Raksasa Diprediksi Hantam Jepang
AP/vg
PARA ilmuwan dari 'Negeri Matahari Terbit' memperkirakan adanya potensi gempa bumi di lepas pantai selatan Jepang. Diestimasi, area pantai Pasifik negara itu dapat dihadang tsunami lebih dari 34 meter (112 kaki).

Sebuah panel pemerintah mengatakan tsunami itu mungkin disebabkan gempa berkekuatan 9,0 pada skala Richter di palung Nankai yang berada di wilayah timur pulau utama Jepang, Honshu, dan memanjang ke Pulau Kyushu di selatan.

Pada 2003, para ilmuwan telah memperkirakan adanya tsunami setinggi kurang dari 20 meter (66 kaki).

Revisi tersebut dibuat berdasarkan penelitian terbaru terhadap gempa berkekuatan 9,0 skala Richter pada Maret 2011 yang menghancurkan pantai timur laut Jepang dan menewaskan sekitar 19.000 orang.

Bencana tahun lalu dan krisis di Fukushima telah mendorong para ahli untuk mengkaji kesiapsiagaan bencana di Jepang. Hujanan kritik datang dari berbagai pihak atas kegagalan Jepang dalam memperhitungkan risiko bencana yang potensial.

Tsunami tahun lalu juga memutuskan aliran listrik di pabrik nuklir berusia 40 tahun sehingga mengarah ke bencana nuklir yang terburuk sejak Chernobyl pada 1986.

Revisi perkiraan tsunami untuk sebuah gempa bumi Nankai mengatakan Tokyo mungkin akan diterpa gelombang setinggi hingga 2,3 meter (7,6 kaki). Tapi seperti di kota pesisir Kuroshio, Pulau Shikoku, tsunami bisa mencapai 34 meter (112 kaki).

Pemodelan komputer untuk perkiraan revisi tersebut mengasumsikan air pasang untuk perkiraan tertinggi. (AP/Pri/OL-5)
Load disqus comments

0 komentar