Jawa Timur membidik pasar emas Amerika latin

r

Jatim Bidik Pasar Emas Amerika Latin
SURABAYA: Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur siap membidik pasar emas Amerika Latin karena besarnya potensi negara itu dalam menyerap aneka komoditas emas perhiasan asal provinsi ini.

"Untuk membidik masyarakat penggemar emas dari Amerika Latin, kami akan mengundang mereka hadir dalam 'Surabaya International Jewellery Fair 2012'," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Budi Setiawan di Surabaya, Selasa (3/4).

Menurut dia, selama ini permintaan emas perhiasan asal Jatim banyak diminati oleh pasar emas internasional karena kekayaan ragam model yang ditawarkan pengrajin di wilayah tersebut.

"Apalagi, ditunjang oleh banyaknya pengrajin emas perhiasan di Jatim. Keseluruhan ada ribuan pengrajin emas dan mereka berbisnis mulai dari skala kecil sampai besar," ujarnya.

Mengenai perkembangan industri perhiasan di Jatim, jelas dia, sampai sekarang keberadaan pelaku industrinya menyebar di 38 kabupaten/kota seperti Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

"Untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas mereka menghasilkan karya yang lebih bagus, kami juga rutin mengadakan lomba desain produk emas perhiasan di Jatim," katanya.

Namun, tambah dia, sampai sekarang permintaan emas perhiasan terbanyak datang dari sejumlah warga di Afrika Selatan. Tetapi, melalui perluasan pasar emas Jatim ke luar negeri termasuk Timur Tengah, Disperindag Jatim meyakini pertumbuhan industrinya bisa naik 15 persen per tahun.

"Kalau tahun ini, kami targetkan ekspor emas perhiasan Jatim bisa meningkat antara 15-20 persen dibandingkan kinerja tahun 2011," katanya.


Load disqus comments

0 komentar