Hujan Deras Disertai Petir Berpeluang di Banten


Banten Berpeluang Hujan Deras Disertai Petir
SERANG--MICOM: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Serang memprakirakan, wilayah Banten berpeluang hujan deras disertai sambaran petir selama dua hari mendatang dengan kecepatan angin 24 kilometer per jam.

"Kami meminta warga waspada jika hujan disertai petir pada sore sampai malam hari," kata Halim Perdanakusumah, Koordinator Unit Analis Cuaca BMKG Serang, Rabu (4/4).

Ia menyebutkan, prakiraan curah hujan tersebut berpeluang sore sampai malam hari. Intensitas curah hujan cukup deras disertai sambaran petir. Selain itu juga tiupan angin berkecepatan rata-rata 24 kilometer per jam dan bergerak dari barat daya.

Peluang hujan deras disertai petir merata melanda sejumlah wilayah Provinsi Banten, seperti Kabupaten Lebak, Pandeglang, Cilegon dan Serang. Hujan tersebut juga bisa menimbulkan genangan banjir di pemukiman penduduk maupun jalan protokol. Sebab hujan sore sampai malam hari cukup deras dan berlangsung antara 1,5 jam sampai 3,5 jam.

Halim mengatakan, cuaca hujan deras disertai sambaran petir karena memasuki masa pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau. Biasanya, kata dia, pada masa transisi itulah muncul hujan deras disertai petir.

"Kami minta warga jika hujan deras disertai petir berlindung di tempat yang lebih aman untuk menghindari sambaran petir," ujarnya menjelaskan.

Menurut dia, cuaca pada masa transisi kerapkali memakan korban jiwa terkena sambaran petir, terutama daerah Serang bagian utara, seperti Kibin, Kasemen, Cikeusal, Pontang hingga Cilegon. Sedangkan, suhu udara pada siang hari berkisar 23 derajat sampai 31 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban antara 60 persen hingga 90 persen.

Selama ini prekuensi hujan hingga Mei mendatang, sehingga warga tetap waspada jika hujan deras disertai petir. Selain itu juga warga yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor diminta waspada menghadapi masa pancaroba itu.


Load disqus comments

0 komentar